Kamis, 21 Mei 2015

Tugas Online 3 Manajemen RM

TUGAS ONLINE 3
MANAJEMEN REKAM MEDIS

Sistem Pendaftaran








Disusun Oleh :
Aisa Nadiati Afifah (2014-31-112)
Maftuhatun Nadhiroh (2014-31-210)
Siti Zawiyah (2014-31-267
Seksi 10

UNIVERSITAS ESA UNGGUL
FAKULTAS ILMU-ILMU KESEHATAN
JAKARTA
2015
Sistem Pendaftaran Pasien
Tata cara penerimaan pasien yang akan berobat ke poliklinik ataupun yang akan dirawat adalah sebagian dari prosedur pelayanan rumah sakit. Di sinilah pelayanan pertama kali yang diterima oleh seorang pasien saat tiba di rumah sakit, maka di sini juga seorang pasien mendapatkan kesan baik ataupun buruk pelayaan tersebut. Tata cara melayani pasien akan dinilai baik bilamana dilaksanakan oleh petugas pendaftaran dengan sikap yang ramah, sopan , tertib dan bertanggungjawab.
Jenis pendaftaran dibedakan menjadi dua, yaitu:
-    Pendaftaran pasien rawat jalan, dengan tujuan ke poliklinik, lab ataupun radiologi
-    Pendaftaran pasien rawat inap, membutuhkan jenis pelayanan yang intensif
Berdasarkan jenis kunjungan pasien, pendaftaran dibedakan menjadi dua, yaitu:
-    Pendaftaran pasien-lama (pasien yang pernah atau rutin berkunjung)
-    Pendaftaran pasien-baru (pasien yang belum pernah berkunjung dan berobat sebelumnya di RS tersebut)
Selain itu untuk loket pendaftaran biasanya dibedakan berdasarkan jenis pasien yang ada di sarana pelayalanan kesehatan setempat, seperti :
-    Loket pasien umum, jenis pembayaran tunai
-    Loket pasien karyawan, jenis pembayaran ditanggung perusahaan tempat pasien bekerja
-    Loket pasien asuransi, jenis pembayaran berupa asuransi yang diikuti pasien yang bersangkutan.

Tujuan Pendaftaran :
•    Upaya pencatatan yang lebih teratur dan sistematis.
•    Sumber data dari kinerja harian.
•    Catatan pelayanan kepada masyarakat.


Skema teknologi informasi RS


Contoh Layout Pendaftaran :




Alur pendaftaran pasien di RS:

TUGAS ONLINE 3
MANAJEMEN REKAM MEDIS
Sistem Pendaftaran








Disusun Oleh :
Aisa Nadiati Afifah (2014-31-112)
Maftuhatun Nadhiroh (2014-31-210)
Siti Zawiyah (2014-31-267)

Seksi 10

UNIVERSITAS ESA UNGGUL
FAKULTAS ILMU-ILMU KESEHATAN
JAKARTA
2015
Sistem Pendaftaran Pasien
Tata cara penerimaan pasien yang akan berobat ke poliklinik ataupun yang akan dirawat adalah sebagian dari prosedur pelayanan rumah sakit. Di sinilah pelayanan pertama kali yang diterima oleh seorang pasien saat tiba di rumah sakit, maka di sini juga seorang pasien mendapatkan kesan baik ataupun buruk pelayaan tersebut. Tata cara melayani pasien akan dinilai baik bilamana dilaksanakan oleh petugas pendaftaran dengan sikap yang ramah, sopan , tertib dan bertanggungjawab.
Jenis pendaftaran dibedakan menjadi dua, yaitu:
-    Pendaftaran pasien rawat jalan, dengan tujuan ke poliklinik, lab ataupun radiologi
-    Pendaftaran pasien rawat inap, membutuhkan jenis pelayanan yang intensif
Berdasarkan jenis kunjungan pasien, pendaftaran dibedakan menjadi dua, yaitu:
-    Pendaftaran pasien-lama (pasien yang pernah atau rutin berkunjung)
-    Pendaftaran pasien-baru (pasien yang belum pernah berkunjung dan berobat sebelumnya di RS tersebut)
Selain itu untuk loket pendaftaran biasanya dibedakan berdasarkan jenis pasien yang ada di sarana pelayalanan kesehatan setempat, seperti :
-    Loket pasien umum, jenis pembayaran tunai
-    Loket pasien karyawan, jenis pembayaran ditanggung perusahaan tempat pasien bekerja
-    Loket pasien asuransi, jenis pembayaran berupa asuransi yang diikuti pasien yang bersangkutan.

Tujuan Pendaftaran :
•    Upaya pencatatan yang lebih teratur dan sistematis.
•    Sumber data dari kinerja harian.
•    Catatan pelayanan kepada masyarakat.


Skema teknologi informasi RS


Contoh Layout Pendaftaran :




Alur pendaftaran pasien di RS:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar